26.9.11

mengejar Toga!

Toga. Wisuda. Lulus.

Sakral banget yah mereka?
Boleh saya bilang, bahwa proses saya "mengejar" toga, adalah salah satu penelitian ilmiah tentang bagaimana Allah menolong saya dengan luar biasa. Kenapa saya bilang ilmiah? Karena hipotesa saya terbukti dengan berbagai pembuktian tak terduga.

Dimulai dari seminar pra skripsi. Di postingan terakhir saya bilang cerita soal gimana saya sempet panik dapet dosen penguji yang terkenal jago pandai menghancurkan impian mahasiswa lulus cepet. Tapi tahukah kalian wahai orang-orang yang beriman? Pas saya maju seminar, Dosen itu baaiiiiiiiiik banget. Sumpah. Orang pada bingung. Saya senyum-senyum. Temen-temen yang menanti saya dibantai tampak kecewa, mirip orang nonton layar tancep kena gerimis.

Paska seminar, lanjut ke ngambil data. Subhanallah yah.. saya mondar-mandir kampus dan sekolahan dan kampus lagi demi rentetan data-data itu. Ngejar dosen (dalam artian sebenernya, melibatkan keringet bercucuran soalnya) dari kampus A ke kampus B, dari depok, rawamangun, sampe ke semanggi demi dapet data soal media saya ataupun demi tanda tangan di KRS dan surat-surat lainnya. Yang saya inget dari masa-masa ini adalah ketika dosen saya telpon dan bilang, "Saya lagi fisioterapi di RS daerah semanggi, bisa ke sini aja?" dan saya langsung bilang bisa padahal nama RSnya aja baru denger sekali ini. But still, ternyata saya bisa ngelewatin itu semua, di saat orang lain rasanya pesimis dan lebih milih ngambil skripsi smester depan, saya optimis dan  bersedia berkeringat lebih (momen dmana rasanya mandi lebih pentingd daripada makan).

Perjuangan panjang itu akhirnya sampe di hari saya daftar SIDANG SKRIPSI. Kali ini saya dapet 3 orang penguji. Salah satu di antaranya adalah dosen berinisial S, yang lagi-lagi menurut mahasiswa bimbingannya adalah dosen yang merasa bahwa melihat mahasiswanya keringat dingin merapal doa adalah sama menariknya dengan nonton AADC. Coba yaaaah, ini temen2 kok demen banget nakut2in gw sebelum sidang?? Tapi tenang aja, sebagaimana seminar dulu, saya udah punya resepnya menghadapi hal kayak gini. Nanti terakhir baru saya bahas.

Di hari sidang skripsi, saya naik bis seperti biasa. Udah siap-siap tidur ketika tiba-tiba seseorang naik ke bis dan negor saya. Guess who? Dia dosen yang dulu nguji saya waktu seminar. Beliau langsung duduk manis di sebelah saya, dan terjadilah obrolan yang gak akan saya lupa seumur idup.
Dosen (D): Sidang hari ini kan?
Saya (S): Iya pak
D: Siapa aja pengujinya?
S: Pak S, Pak U, sama Bu V.
D: Pak S keluar kota kemarin sore, saya aja yah yang gantiin
S: beneran pak?? *sumpah suara gw kenceng banget pas ini, pengamen sampe nengok
D: beneran, mana sini skripsi kamu, saya liat dulu
S: *dengan sigap nyerahin skripsi sebelum ni dosen berubah pikiran
D: *baca* hmm..ini benerin dulu jadi nanti pas maju gak salah
Yassaalaaam..saya direvisi duluan di bis!! Jadi pas giliran saya maju, sumpah lancar banget! Alhamdulillah se alhamdulillah-alhamdulillahnya manusia bisa alhamdulillah (apa si?)

Selesai sidang, hadirlah revisi dan acc. Disini saya smpet ketabrak motor di depan rumah pas mau nyebrang -_-'. Dan perlu dicatat yah kawan-kawan, jatoh kepala duluan ternyata bisa menyebabkan benjol dan kerudungan kotor kena tanah.

Saya lagi di jalan dari jogja pas hari terakhir acc. Berdoa dalem hati berjam-jam di jalan, berharap dosen-dosennya baik hati dan langsung ngasih tandatangan. Saya janjian di 3 tempat berbeda sama 5 dosen yang harus tanda tangan. Saya belum mandi dari jogja, jam 6 pagi saya dibantu ade, bapak, dan ibu saya yang ikutan ribet ngeprint dan lain-lain, akhirnya berhasil ke tempat pertama saya janjian sama dosen. Dan yu no wat? Betapa kagetnya sayah ternyata kelima dosen itu ada di sana semua. ADA APA INI? Kalau saya boleh lebay, saya mau nangis sambil sujud sukur, tapi karena nggak boleh lebay, maka saya cuma cengar-cengir bahagia. 1 tempat 5 dosen. Komplit 5 tanda tangan dalam 1 jam. Alhamdulillah 1000x nggak cukup kan?

Dan seterusnya saya beresin pemberkasan skripsi saya, tes TOEFL yang alhamdulillah sekali langsung lulus, dan lain-lain yang berhubungan sama wisuda. Setelah kejar-kejaran yang penuh perjuangan. Akhirnya Toga itu buat saya.

Yeeey!
Lulus sendirian dari 36 temen sekelas. IPK 3.51!! Bayangkan cuma dengan 0.01 saya akhirnya cum laude, hahahah. Doesn't matter anymore lah..

Oke, dulu waktu saya gak lulus SPMB saya smpet bilang itu adalah titik balik hidup saya. Bahwa sejak itu hidup saya berubah dan lain-lain. Sekali lagi saya bersyukur gak lulus SPMB, karena dengan begitu Alloh ternyata mau ngajarin saya banyak hal di UNJ. Bukan cuma soal fisika aje boi..

Banyak kejadian yang rasanya semesta bener-bener mendukung niat saya untuk lulus, macemnya dosen yang tiba-tiba jadi baik, atau lagi keluar kota, atau ngumpul di satu tempat dan bersedia dimintai tandatangan dengan mudah. Juga macemnya lancar ujian sidang, nilai A yang menyumbang 0.01 poin lebih untuk saya jadi cum laude, atau sekedar jalanan gak macet ketika saya nyaris telat ketemu dosen.

Saya beruntung?

Bukan, kawan. Sederhana, saya selalu hanya minta Alloh menolong saya.

Kalu saat nyaris telat itu saya cuma ngedumel dalem bis, apa masalah selesai? nggak. Tapi Alloh ringankan langkah saya nyari ojek (yes, dude, usaha!). 
Kalu takut dosennya galak? Mau di apa? Bujukin dosennya? Ngedukunin dosennya (amit2 dah)? Noo..sederhana kawan, minta sama pemiliknya. Alloh Maha Pembolak-balik hati, apa sulitnya Dia tiba-tiba membalik hati sang dosen jadi gak demen marah2?
Kalu khawatir saat maju sidang bakal tergagap2 dan lupa, mau apa? Minta sama Alloh, yang jaga ilmu dalam otak qt ini cuma Dia, yang punya pun Dia, apa sulitnya tiba-tiba Dia ambil semua ingatan soal skripsi saat saya lagi sidang?

Intinya, saya yakin, saya nggak akan bisa kalau Alloh nggak tolong saya :)
itu aja.
Dan untuk meyakini hal macem ini hingga ke sumsum tulang terdalam (aiih bahasa gw, sumpah sumsum tulang terdalam itu yg mana yah?), saya diajarkan langsung selama 4 tahun di UNJ.

Soal pinter fisika, mungkin saya bukan yang paling pinter. Tapi soal yakin sama kuasa Alloh, saya paling yakin.

Satu pertempuran telah selesai lagi. Sebagai bangsa saiya yang budiman, saya deklarasikan saya makin kuat. Yaaah..masuk level saiya super lah dengan lulusnya saya dari UNJ ini :)