16.4.11

Cerewet yah saya?

Meski nggak ada kuliah hari Jumat biasanya saya ke kampus. Selain untuk ikut diskusi mingguan sama dosen, hari Jumat juga saya pakai untuk rapat HmI atau kegiatan BEM. Dan Jumat minggu ini bener-bener bikin saya cerewet sepanjang jalan. Rasanya saya nggak berhenti ngomong sepanjang sisa hari Jumat kemarin ini.

Dimulai dari saya bangun tidur di jam yang nggak wajar : JAM 11 SIANG.
Begitu buka mata, kamar saya yang gordennya masih tertutup warnanya jadi semburat coklat dimana2, efek dari warna kuning gorden yang ditembus cahaya matahari. Saya langsung nengok ke jam dinding. Jam dinding saya bentuknya agak unik memang. Bahan dasarnya kayu, warnanya hitam putih, dan angkanya cuma dari 0-9. Saya beli waktu Pasar Seni ITB.

Jadi, dengan nyawa yang baru 75% ngumpul, saya perlu waktu 5-10 detik buat sadar bahwa jam dinding udah menunjukkan pukul 11 siang. Saya makin sadar bahwa ini sudah siang karena suara-suara dari speaker masjid khas hari Jumat menjelang sholat Jumat. Setelah 100% sadar akhirnya saya bangun dan membuka gorden. Sekali lagi ngecek jam dinding atas TV. Oh bener, jam 11.

Saya kayak orang bales dendam hasil begadang ngerjain laporan dan presentasi proposal. Tiga hari berturut-turut saya tidur jam 2 dan bangun jam 4, langsung mandi, siap beraktivitas lagi. Pulang ke rumah malam hari, ngerjain tugas lagi, tidur sebentar lagi, dan begitu seterusnya sampai 3 hari. Dan kamis malam saya bener-bener kangen sama bantal guling, jadilah saya tepar sampai jam 11 siang. (saya lagi gak sholat, so..)

Diskusi sama dosen ini dimulai jam 2, jadi setidaknya saya harus naik bis yang jam 12.30. Masih ada waktu satu setengah jam sebelum berangkat, saya sempatkan main sama Billa dulu dan sarapan (kalu masih boleh disebut sarapan :D). Saya habiskan satu tube balon tiup dalam sekali tiup, dan hasilnya balonnya besaaaaar sekali. 3 kali ukuran kepala orang dewasa. Billa kegirangan. Kalau lagi asik main kayak gini saya suka nggak tega ninggalin dia buat ke kampus, tapi mau gimana dong, diskusi ini kebutuhan buat saya.

Awalnya diskusi ini cuma sedikit-sedikit yang datang, itu pun seringnya cuma anak kelas saya aja. Padahal tema diskusinya menarik-menarik. Dan yang paling saya suka, dosen saya ini cerdas sekali, jadi bahkan saat ngomongin tema-tema fisika selalu bisa dihubungkan dengan fenomena sosial, politik, sampai agama. Misalnya waktu kita ngebahas ET tapi jadi sampai ke bagaimana teori Konspirasi dipakai untuk Manajemen Isu. Pernah juga ngebahas Badai Matahari tapi jadi nyambung ke teori Konspirasi untuk Manajemen Pemasaran (hell yeah, saya sangat suka teori konspirasi). Ngebahas ledakan bom atom dan kaitannya dengan politik perlombaan senjata antar negara. Atau saat ngebahas SuperKonduktor dan kita sampai ngomongin Superman dan superhero2 lainnya. My point is : Saya sangat suka diskusi ini sampai rela ke kampus mengeluarkan ongkos lebih di hari libur saya.

Jam 12.40 saya udah duduk manis di bis Kebanggaan Umat : Patas AC 84 Depok-Pulo Gadung. Kalau siang seperti ini penumpangnya sedikit, jadi saya bebas pindah2 kalu saya gak ada kerjaan. Dan saya udah hapal posisi-posisi duduk terbaik di bis. Kalau berangkat dari depok sebelum jam12 siang, sebaiknya duduk di kursi 2 (tau kan? yang kursinya cuma ada dua, logis kan?). Tapi kalau berangkat setelah jam 12 siang, maka sebaiknya duduk di kursi 3. Kalau dari kampus, aturannya jadi sebaliknya. Kenapa saya bikin pola seperti ini? Karena itu kursi-kursi yang nggak akan kena sengat matahari terlalu naas :D. 

Kursi favorit saya ada di deret ke 5 atau 6, karena biasanya pengamen berdiri di situ. Saya kasih tau yah, pengamen di bis ini tuh bagus-bagus. Suaranya bagus, main gitarnya jago, pakaiannya rapih. Jadi para penumpang pun akrab sama mereka dan bersedia ngeluarin uang lebih atas hiburan yang mereka bawakan sepanjang tol. Ada satu pengamen favorit saya, mungkin playlistnya dia sama kayak di hape saya, karena yg dia nyanyiin semua lagu-lagu yang saya suka. Mulai dari "You and Me"-nya Lighthouse, "Just The Way You Are"-nya Bruno Mars, "Don't Go Away"-nya Oasis, sampe "Hey Soul Sister"-nya Train.


Tapi jumat siang ini, sama sekali nggak ada pengamen di bis yang saya naikin. Jadi yah..saya tidur lagi sepanjang jalan (I know I've just woken from my revenge-sleep, but guuuys, Bus and sunlight always make me sleepy :D). Saya terbangun ketika bis baru mau masuk pintu tol dan itu pun dibangunin keneknya yang mau nagih ongkos (untung saya bukan tipe yang punya gaya tidur ajaib macemnya mangap atau ileran).  Pas saya lihat jam tangan, ternyata udah jam 02.17. Saya pastiin sekali lagi di jam hp, dan bener juga sama. Malah ada sms dari dosen saya ngasih tau ruangan diskusinya dimana. Akhirnya dengat berat hati saya bilang gak bisa dateng ke dosen saya, karena paling cepet juga ini saya nyampe kampus jam 3 dan itu berarti diskusi udah selesai. Entah apaan penyebab bis ini lebih lambat dari biasanya, tadi saya tidur pules banget :|


Betul aja saya sampai kampus jam 3, jadi saya nggak ikut diskusi deh. Saya langsung menuju ke tempat rapat HmI aja di masjid kampus. Untuk menuju ke sana saya musti ngelewatin deretan warung tenda, salah satunya tenda Takoyaki. Dan beberapa hari sebelumnya saya udah kenalan sama si penjualnya yang ternyata orang Makassar juga dan masih sodara jauh sama saya :D. Pas saya kesitu mau beli makan siang, eeeh emang dasar rejeki, saya dikasih seporsi gratis sama kak Uli n kak Jasman, hohoho.


Sampai di masjid kampus, saya mulai deh ngurus persiapan Raker sama Seminar. Untuk urusan kayak gini saya sangat perlu "To Do List", kalau nggak biasanya penyakit Lupa saya sering bikin saya ditakol sama bocah2 yang lain. Dan saya paliiiing males kalau harus ngadepin orang-orang sensitif. Haddeeeh..mungkin karena saya sendiri nggak perasa, jadi kalau ada yang suka ngambek, marah gak jelas, atau apalah suka saya kira lebay ajah. Ayolah, nggak usah dibawa ribet kalau menurut saya.


Jam 5 sore, urusan saya udah selesai di kampus. Saya bikin kesimpulannya dan siap di sms jarkom ke anggota2 lain dan sms laporan ke ketua koorkom saya. Saya pulang lewat warung tenda itu lagi, eeeh rejeki saya lagi, dipanggil sama ka Ulli dan dibungkusin Takoyaki lagi buat di rumah :)))))). Hohoho..senangya.


Saya biasa nunggu bis di perempatan Mega, jadi saya jalan dulu sedikit. Pas saya lagi jalan, tiba-tiba ada anak SMA ngejar-ngejar saya sambil teriak-teriak, "Mba, mba, mba! Tungguuin saya, mba mau naik 84 kaan??". Awalnya saya kaget, masya allooh, emang segitu keliatannya kah wajah orang depok di muka saya? Tapi ternyata dia pernah liat saya naik bis itu jadi dia tau. fiuuh.. sambil nunggu bis, jadinya saya ada temen ngobrol deh. Nama anak SMA itu Tika, dia cerita macem-macem soal sekolahnya, dan saya juga cerita soal kuliah saya. Padahal kita baru kenal yah?


10 menit kemudian bisnya dateng, kita naik bareng deh. Tapi sisa tempat duduk cuma ada satu, saya ngalah aja deh :D. Saya berdiri sandar di palang besi belakang, sambil pake headset. Bukan Jakarta namanya kalu tanpa macet, alhasil kaki saya udah mulai protes setelah lebih satu jam berdiri, alhamdulillah di tanjung barat ada yang turun dan ngasih saya tempat duduk. Hehehe..makasih yah om.


Saya duduk di sebelah bapak2 yang persis saya merapatkan pantat di kursi, di langsung ngajak ngobrol. Ternyata anaknya juga mahasiswa UNJ meski beda jurusan sama saya dan satu tingkat di bawah saya. Terus pas dia bilang anaknya sempat nganggur setahun, saya mulai nyadar, berarti kan anaknya seangkatan saya dunk seharusnya, dan ternyata bener!! Bahkan ternyata dia temen saya waktu ROHIS di SMA! Hahaha..jadi lucu aja saya ngobrol sama bapaknya dengan akrab gini di bis. 


Bapak temen saya itu juga cerita soal anaknya yang kuliah di Jepang, dan ternyata saya juga kenal sama anaknya yang itu. Hahaha..tambah lucu. Dan bapak itu cerita bahwa anaknya yang di jepang itu sudah ajak diskusi 5 pemuda jepang sampai mereka masuk Islam lho! Keren banget dah...Sedangkan anaknya yang nomer satu udah meninggal karena tumor :( jadi sedih.


Bapak itu turun duluan dari pada saya, masih ada kurang lebih 5 menit sebelum saya turun dan harus ganti angkot. Pas saya ganti angkot, tiba-tiba ada yang manggil, "Kak pipi!". Saya celingukan dulu nyari sumber suara yang ternyata dari sebelah saya persis! :D. Dia adik kelas saya di SMA. Jadi deh kami ngobrol lagi, ngomongin kuliahan saya, kerjaan dia, sampe ke diskusi standar sekolah RSBI.


Sampai rumah saya langsung meneguk air satu gelas sampai habis. Sepanjang hari saya ngomong terus kayaknya :D